TERAPI BERMAIN ENGLISH GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH

Eka Adimayanti(1*), Dewi Siyamti(2)

(1) Universitas Ngudi Waluyo
(2) Universitas Ngudi Waluyo
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang pesat pada awal-awal kehidupan dimana proses itu tidak dapat diulang kembali sehingga kualitas perkembangan anak dimasa depannya ditentukan oleh stimulasi yang diperolehnya sejak dini. Anak Usia prasekolah memasuki tahap perkembangan pra operasional dimana mempunyai karakteristik menonjol anak telah mengkombinasi dan mentransformasi informasi,  mampu mengemukakan alasan dan menyatakan ide, mulai mengerti hubungan sebab akibat dan mempunyai cara berfikir egosentris. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Judul “Terapi Bermain (English Games) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Prasekolah.Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak TK IT Cahaya Ummat.Metode yang digunakan adalah dengan terapi bermain English games.Kegiatan tersebut bermain dengan English games.Hasil yang didapatkan adalah kemampuan anak dalam berfikir secara kognitif melalui tebak gambar, tebak huruf, tebak warna, tebak kata, menyebutkan nama nama hari, menyebutkan angka, menyebutkan nama buah, menyebutkan anggota tubuh, sehinga anak mampu memungpulkan banyak kosakata baru dalam permainan kartu bahasa inggris. Beberapa anak ada sudah mulai belajar berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris.

Kata Kunci :Terapi bermain, English games, kemampuan kognitif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v3i2.84

Article Metrics

Abstract viewed : 1891 times
PDF files downloaded : 1966 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License